Rabu, 15 Mei 2013

TURSIOPS TRUNCATUS


Lumba-lumba Hidung botol (tursiops truncatus) adalah spesies yang paling umum dan banyak dikenal orang. Habitatnya berada di perairan hangat di seluruh dunia dan dapat ditemui di hampir seluruh perairan kecuali Samudra Artik dan Samudra Selatan.



Lumba-lumba ini berwarna abu-abu yang bervariasi dari abu-abu gelap di bagian atas dekat sirip atas dan abu-abu muda keputih-putihan di bagian bawah. Corak warna ini membuat mereka sulit dilihat dari atas dan bawah. Lumba-lumba hidung botol dewasa memiliki panjang antara 2 sampai 4 meter dan berat dari 150 sampai 650 kilogram. Leher mereka lebih fleksibel daripada lumba-lumba lain karena lima dari tujuh tulang mereka tidak menyatu seperti pada spesies lumba-lumba lainnya.
Lumba-lumba umumnya hidup dalam kelompok yang biasanya berjumlah sekitar 15 ekor, tetapi ukuran kelompok bervariasi. Kelompok pasangan lumba-lumba bisa mencapai lebih dari 100 atau bahkan kadang-kadang lebih dari 1000 ekor dalam jangka waktu yang singkat.
Jenis ini dapat ditemukan di lautan tropis yang hangat dan subtropis di seluruh dunia, beberapa populasi hidup lebih dekat ke pantai (populasi perairan pantai) dan yang lainnya lebih jauh ke laut (populasi di lepas pantai). Umumnya populasi di lepas pantai lebih besar, mereka memiliki sirip dan hidung yang lebih pendek. Populasi di lepas pantai dapat bermigrasi hingga 4.200 km (2.600 mil) dalam satu musim, tetapi populasi perairan pantai cenderung bergerak kurang. Namun, beberapa populasi perairan pantai dapat melakukan migrasi panjang.
Makanan mereka terutama terdiri dari belut, cumi, udang dan berbagai ikan. Mereka tidak mengunyah makanan mereka, sebaliknya mereka menelannya utuh. Kelompok lumba-lumba selain berburu secara individu sering bekerjasama sebagai tim.
Lumba-lumba memiliki otak yang lebih besar daripada manusia. Banyak penyelidikan pada kecerdasan lumba-lumba ini, mencakup tes mimikri (peniruan), penggunaan bahasa buatan, objek kategorisasi dan pengenalan diri. Kecerdasan ini telah mendorong interaksi yang cukup baik dengan manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...