Jumat, 28 September 2012

CETACEAN

 

  Mamalia Laut



Perairan Indonesia berfungsi sebagai daerah migrasi yang penting bagi lebih dari 30 spesies mamalia laut, terutama di bagian timur Indonesia. Lebih dari sepertiga dari seluruh spesies paus dan lumba-lumba yang telah dikenal (bersama-sama disebut cetacean) dapat dijumpai di laut Indonesia, termasuk Paus Biru yang langka dan terancam (Balaenoptera musculus). Ancaman utama terhadap spesies ini mencakup penangkapan yang tidak disengaja, terdampar, perburuan, dan rusaknya habitat laut mereka.

Upaya konservasi cetacean kami saat ini memfokuskan pada kawasan laut Alor-Solor yang merupakan jalur (koridor) migrasi untuk mamalia laut. Kawasan Alor-Solor mencakup pesisir timur Flores, pulau-pulau Solor, Lembata, Pantar dan Alor, serta pulau-pulau kecil dan gunung-gunung di dalam laut. Sebuah ekspedisi ilmiah telah membuktikan bahwa kawasan ini amat penting untuk perlindungan paus, digambarkan dengan adanya tradisi turun-temurun untuk berburu penyu oleh penduduk setempat.

Kami bekerjasama dengan masyarakat setempat untuk memantau penangkapan pari manta dan paus. Sekaligus kami mengidentifikasi langkah-langhkah awal yang diperlukan untuk bekerjasama dengan pemerintah lokal dan regional, untuk mendukung pembentukan kawasan perlindungan laut, pembangunan perekonomian yang berkelanjutan, menghentikan tangkapan sampingan (by-catch) berupa satwa dilindungi oleh nelayan, dan meningkatkan mekanisme pengelolaan sumber daya pesisir dan laut secara keseluruhan.

Sumber WWF-Indonesia

2 komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...