Jumat, 17 Mei 2013

DELPHINUS DELPHIS

Dolphin yang umum (Delphinus delphis) adalah spesies lumba-lumba umum yang berukuran sedang, bermoncong pendek dan ukurannya lebih kecil dari lumba-lumba hidung botol. Dewasanya berkisar antara 1,6 dan 2 meter panjangnya dan dapat memiliki berat badan antara 70 sampai 235 kilogram, kisaran antara 70 dan 110 kilogram lebih umum. Jantannya seperti pada umumnya lebih panjang dan lebih berat.



Pola warna pada tubuh tidak biasa, bagian punggung berwarna gelap dan perut berwarna putih, sedangkan di setiap sisi berwarna abu-abu terang, kuning atau emas di bagian depan dan abu-abu di bagian belakang. Memiliki moncong yang tipis panjang dengan 50-60 gigi  kecil, tajam yang saling bertautan di kedua sisi rahang. Mereka adalah perenang yang cepat.
Populasi lumba-lumba Mediterania bermoncong pendek berada di Laut Utara, Laut Baltik, Mediterania, Laut Hitam dan bagian tropis timur Pasifik. Populasi ini telah dikategorikan dalam bahaya kepunahan dan Pihak CMS (Konvensi untuk Konservasi Imigrasi Spesies Satwa Liar) berusaha keras melindungi hewan-hewan ini, melestarikan atau memulihkan tempat tinggal mereka, mengurangi hambatan migrasi dan mengendalikan faktor-faktor lain yang mungkin membahayakan mereka. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...